MAKALAH RUANG TERBUKA HIJAU



Ruang Terbuka Hijau
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI






Anggota Kelompok :
1.     Ivan Jonathan XII IPS 1/26
2.     Jennifer Claudia XII IPS 1/27
3.     Katharina Clara XII IPS1/28


SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017









KATA PENGANTAR


Puji Tuhan kami haturkan ke hadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan.,M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart     program yang dilampirkan.
2. Ibu Christina Sumawartini, S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek maket Ruang Terbuka Hijau.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

















DAFTAR ISI

Isi                                                                                                                                Halaman
Tampilan depan                                                                                                                      i
Kata Pengantar                                                                                                                       ii
Daftar isi                                                                                                                                 iii
BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang                                                                                                                 1
1.2  Rumusan Masalah                                                                                                                  1
1.3  Manfaat dan Tujuan                                                                                                         1
BAB II Kajian Pustaka                                                                                                        
2.1 Nama Properti                                                                                                                  2
2.2 Mikrokontroller Atmega328                                                                                            2
2.3 Bahasa Pemrogram                                                                                                          2
BAB III Perencanaan Pembuatan Proyek                                                                          
3.1 Nama Proyek                                                                                                                    3
3.2 Alat dan Bahan                                                                                                                 3
3.3 Gambar Ilustrasi Maket                                                                                                   4
3.4 Cara Kerja Proyek                                                                                                                        4
BAB IV Analisis Data Proyek                                                                                             
1. Spesifikasi Proyek                                                                                                              5
2. Spesifikasi Komponen/Bahan                                                                                            6
3. Analisis Data Proyek                                                                                                          6
4. Flowcart atau algoritma program                                                                                      7
5. Lampiran program                                                                                                             7
BAB V Kesimpulan                                                                                                               
1. Kesimpulan                                                                                                                        8
2. Kesan dan Saran                                                                                                                 8
Daftar Pustaka                                                                                                                      9








BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sekarang ini banyak orang yang kurang peduli dengan penghijauan di kota. Lahan yang tersedia di kota juga semakin sedikit sehingga tidak terdapat lagi lahan untuk dibangun sebuah taman. Taman sebagai penghijau di kota yang berfungsi sebagai sumber oksigen. Banyak kendaraan yang terdapat di kota sehingga dapat mengakibatkan polusi udara. Dengan adanya taman kota dapat mengurangi polusi tersebut. Taman juga dapat berfungsi sebagai tempat hiburan keluarga yang tidak mengeluarkan banyak biaya. Setiap orang menginginkan udara yang bersih agar tidak mudah terkena penyakit. Namun kesadaran akan penghijauan pun kurang. Masih banyak orang yang melakukan illegal logging atau penebangan liar.
Ruang Terbuka Hijau merupakan taman yang berbeda dengan lainnya. Seperti musik yang selalu terputar jika ada orang yang berada di taman tersebut. Dan lampu warna warni yang selalu menyala mengelilingi pagarnya. Yang membuat taman itu memiliki suasana yang romantis dan cocok untuk hiburan keluarga.
Berdasarkan kenyataan dan harapan diatas penulis mencoba agar tetap diadakan penghijauan di kota. Taman dengan fasilitas yang termasuk lengkap dan bisa menjadi hiburan. Para pengunjung dapat melepas penat di taman itu dengan menikmati segarnya udara di taman itu.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana bentuk Ruang Terbuka Hijau berupa maket?
2. Bagaimana merancang Ruang Terbuka Hijau terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian Ruang Terbuka Hijau dengan sistem komputer?

1.3 Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan:Memberikan model taman untuk masa mendatang
2, Manfaat: Rumah berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk mengatasi masalah lingkungan seperti kemacetan lalu lintas, efisien, efektif, dan serba guna.




BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Ruang Terbuka Hijau
Ruang terbuka adalah ruang yang bisa diakses oleh masyarakat baik secara langsung dalam kurun waktu terbatas maupun secara tidak langsung dalam kurun waktu tidak tertentu. Ruang terbuka itu sendiri bisa berbentuk jalan, trotoar, ruang terbuka hijau seperti taman kota, hutan dan sebagainya (Hakim dan Utomo, 2004). Ruang Terbuka Hijau kota adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman, dan vegetasi guna mendukung manfaat langsung atau tidak langsung yang dihasilkan oleh RTH dalam kota tersebut yaitu keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan keindahan wilayah perkotaan tersebut (Dep. Pekerjaan Umum, 2008).
B.    Mikrokontroler
Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output. Dengan kata lain, mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Sekedar contoh, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda bisa membaca tulisan apapun baik buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun bisa pula menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data maka Anda dapat membuat program untuk membuat suatu sistem pengaturan otomatik menggunakan mikrokontroler sesuai keinginan Anda. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut “pengendali kecil” dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini.







C.    Kerangka Konsep Berpikir 








Text Box: ARDUINO
Reserved: LED dan Speaker

Rounded Rectangle: SENSOR

 
Right Arrow: digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);

Right Arrow: digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);

                                                                  














Reserved: Ruang Terbuka Hijau

Text Box: Tombol kendali On/Off


Right Arrow: digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);



 






















BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Ruang Terbuka Hijau
Ruang Terbuka Hijau berupa maket yaitu model terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah tripleks yang menampung taman di atasnya. Sedangkan, bagian kedua adalah gabus yang berisi alat Arduino.
B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a. Papan
b. Sterofoam
c. Kain flannel
d. Kertas F4
e. Lem
f. Kertas karton
g. Kertas origami
h. Kertas F4
i. Stik es krim
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor dan Speaker
   d. Kabel, timah solder

C. Ilustrasi Maket



D. Cara Kerja Proyek Umum
        Lampu mati saat siang hari. Pada saat malam hari, lampu menyala satu persatu. Instrumen musik diputar bersamaan dengan nyalanya lampu taman.







BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang  dengan ukuran kecil:
       Luas area : 30x40 cm
       Luas bangunan: 20x30 cm
       Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
       Panjang bangunan: 30 cm
       Lebar bangunan: 20 cm
       Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
- Alas: Triplek 500x750 mm tebal 3 mm
- Penutup mesin Arduino: Sterofoam Astro warna ungu
- Lem Fox
- Kain Flannel Verditra (hijau, merah, merah muda, magenta, kuning neon, coklat)
- Kertas Origami
- Kertas Asturo warna hijau muda
-Kertas F4 warna biru muda
Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
      Timah ukuran 40x60
      Sensor cahaya
      Tombol push on











B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi protype rumah massa depan dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran sesuai kebutuhan. Alat kontrol ini akan secara otomatis akan berhenti dengan durasi waktu 10 menit untuk buka tutup pintu pagar. Sedangkan lampu serta alat otomatis yang lain dapat diataur waktu aktifnya dengan mengubah kontrol waktu program

Kelemahan Proyek
Lampu dapat mati mendadak

C. Flowcart Program
https://4.bp.blogspot.com/-3u9zNph7Om0/WWwh7gV1wtI/AAAAAAAAASU/KzNqu7kJjdAHnEZ-ir7E7ALS0QjGzf_EgCLcBGAs/s640/FLOWCART.jpg



D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
  a) Lampu
void setup () {                                       // seting semua pin arduino di bawah
      pinMode (lampu1,OUTPUT);        // pin 1 di setting sebagai OUTPUT
pinMode(lampu2,OUTPUT)              //pin 2 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu3,OUTPUT);        // pin 3 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu4,OUTPUT);        // pin 4 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (lampu5,OUTPUT);       // pin 5 di setting sebagai OUTPUT
     pinMode (lampu6,OUTPUT);        // pin 6 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu7,OUTPUT);        // pin 7 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu8,OUTPUT);        // pin 8 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (lampu9,OUTPUT);       // pin 9 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (lampu9,OUTPUT);       // pin 9 di setting sebagai OUTPUT

b) musik
 void loop (){                                            
digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);
digitalWrite(2, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(2,LOW);
delay(1000);
dan seterusnya sampai 10
}

















BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
        Berdasarkan uraian BAB I sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Ruang Terbuka Hijau dapat menjadi model taman masa depan bagi semua orang, terutama pemerintah. Dengan bantuan mikrokontroler, kami menunjukkan bahwa lampu dapat menyala dan mati secara otomatis. Selain itu, mikrokontroler dapat menghasilkan irama yang dapat diputar secara terus menerus.
B. Kesan Saran
Kesan
Melalui ujian praktik yang diberikan oleh guru pembimbing, setiap anggota kelompok dapat belajar untuk mengeluarkan ide yang berhubungan dengan perkembangan bisnis dimana dapat dimanfaatkan sebagai inspirasi untuk rencana konkret bagi perkembangan wilayah masa depan. Setiap murid yang terlibat dalam proyek ini juga dapat belajar bagaimana mengolah ide abstrak menjadi bentuk nyata melalui pembuatan maket. Kemudian, para murid dapat mengetahui pentingnya Arduino dalam mengelola sistem pemograman sehingga maket menjadi hasil ide yang realistis dan dapat dilihat secara visual.

Saran
Sebaiknya ujian  pemograman dan pembuatan maket tetap diadakan supaya setiap murid kelas 12 dari angkatan satu ke angkatan lain menjadi generasi muda yang memiliki ide brilian untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

                                                                  










    

DAFTAR PUSTAKA
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/22042/Chapter%20II.pdf;jsessionid=A39036A79EE0A85D512C36D4D39DC454?sequence=4, diakses Jumat, 1 Desember 2017. 10:37.  

                       






Anggota Kelompok :
1.     Ivan Jonathan XII IPS 1/26
2.     Jennifer Claudia XII IPS 1/27
3.     Katharina Clara XII IPS1/28


SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017









KATA PENGANTAR


Puji Tuhan kami haturkan ke hadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart     program yang dilampirkan.
2. Ibu Christina Sumawartini, S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek maket Ruang Terbuka Hijau.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

















DAFTAR ISI

Isi                                                                                                                                Halaman
Tampilan depan                                                                                                                      i
Kata Pengantar                                                                                                                       ii
Daftar isi                                                                                                                                 iii
BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang                                                                                                                 1
1.2  Rumusan Masalah                                                                                                                  1
1.3  Manfaat dan Tujuan                                                                                                         1
BAB II Kajian Pustaka                                                                                                        
2.1 Nama Properti                                                                                                                  2
2.2 Mikrokontroller Atmega328                                                                                            2
2.3 Bahasa Pemrogram                                                                                                          2
BAB III Perencanaan Pembuatan Proyek                                                                          
3.1 Nama Proyek                                                                                                                    3
3.2 Alat dan Bahan                                                                                                                 3
3.3 Gambar Ilustrasi Maket                                                                                                   4
3.4 Cara Kerja Proyek                                                                                                                        4
BAB IV Analisis Data Proyek                                                                                             
1. Spesifikasi Proyek                                                                                                              5
2. Spesifikasi Komponen/Bahan                                                                                            6
3. Analisis Data Proyek                                                                                                          6
4. Flowcart atau algoritma program                                                                                      7
5. Lampiran program                                                                                                             7
BAB V Kesimpulan                                                                                                               
1. Kesimpulan                                                                                                                        8
2. Kesan dan Saran                                                                                                                 8
Daftar Pustaka                                                                                                                      9








BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sekarang ini banyak orang yang kurang peduli dengan penghijauan di kota. Lahan yang tersedia di kota juga semakin sedikit sehingga tidak terdapat lagi lahan untuk dibangun sebuah taman. Taman sebagai penghijau di kota yang berfungsi sebagai sumber oksigen. Banyak kendaraan yang terdapat di kota sehingga dapat mengakibatkan polusi udara. Dengan adanya taman kota dapat mengurangi polusi tersebut. Taman juga dapat berfungsi sebagai tempat hiburan keluarga yang tidak mengeluarkan banyak biaya. Setiap orang menginginkan udara yang bersih agar tidak mudah terkena penyakit. Namun kesadaran akan penghijauan pun kurang. Masih banyak orang yang melakukan illegal logging atau penebangan liar.
Ruang Terbuka Hijau merupakan taman yang berbeda dengan lainnya. Seperti musik yang selalu terputar jika ada orang yang berada di taman tersebut. Dan lampu warna warni yang selalu menyala mengelilingi pagarnya. Yang membuat taman itu memiliki suasana yang romantis dan cocok untuk hiburan keluarga.
Berdasarkan kenyataan dan harapan diatas penulis mencoba agar tetap diadakan penghijauan di kota. Taman dengan fasilitas yang termasuk lengkap dan bisa menjadi hiburan. Para pengunjung dapat melepas penat di taman itu dengan menikmati segarnya udara di taman itu.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana bentuk Ruang Terbuka Hijau berupa maket?
2. Bagaimana merancang Ruang Terbuka Hijau terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian Ruang Terbuka Hijau dengan sistem komputer?

1.3 Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan:Memberikan model taman untuk masa mendatang
2, Manfaat: Rumah berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk mengatasi masalah lingkungan seperti kemacetan lalu lintas, efisien, efektif, dan serba guna.




BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Ruang Terbuka Hijau
Ruang terbuka adalah ruang yang bisa diakses oleh masyarakat baik secara langsung dalam kurun waktu terbatas maupun secara tidak langsung dalam kurun waktu tidak tertentu. Ruang terbuka itu sendiri bisa berbentuk jalan, trotoar, ruang terbuka hijau seperti taman kota, hutan dan sebagainya (Hakim dan Utomo, 2004). Ruang Terbuka Hijau kota adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman, dan vegetasi guna mendukung manfaat langsung atau tidak langsung yang dihasilkan oleh RTH dalam kota tersebut yaitu keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan keindahan wilayah perkotaan tersebut (Dep. Pekerjaan Umum, 2008).
B.    Mikrokontroler
Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output. Dengan kata lain, mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Sekedar contoh, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda bisa membaca tulisan apapun baik buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun bisa pula menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data maka Anda dapat membuat program untuk membuat suatu sistem pengaturan otomatik menggunakan mikrokontroler sesuai keinginan Anda. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut “pengendali kecil” dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini.







C.    Kerangka Konsep Berpikir 








Text Box: ARDUINO
Reserved: LED dan Speaker

Rounded Rectangle: SENSOR

 
Right Arrow: digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);

Right Arrow: digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);

                                                                  














Reserved: Ruang Terbuka Hijau

Text Box: Tombol kendali On/Off


Right Arrow: digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);



 






















BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Ruang Terbuka Hijau
Ruang Terbuka Hijau berupa maket yaitu model terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah tripleks yang menampung taman di atasnya. Sedangkan, bagian kedua adalah gabus yang berisi alat Arduino.
B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a. Papan
b. Sterofoam
c. Kain flannel
d. Kertas F4
e. Lem
f. Kertas karton
g. Kertas origami
h. Kertas F4
i. Stik es krim
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor dan Speaker
   d. Kabel, timah solder

C. Ilustrasi Maket
Gambar Maket.jpg


D. Cara Kerja Proyek Umum
        Lampu mati saat siang hari. Pada saat malam hari, lampu menyala satu persatu. Instrumen musik diputar bersamaan dengan nyalanya lampu taman.







BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang  dengan ukuran kecil:
       Luas area : 30x40 cm
       Luas bangunan: 20x30 cm
       Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
       Panjang bangunan: 30 cm
       Lebar bangunan: 20 cm
       Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
- Alas: Triplek 500x750 mm tebal 3 mm
- Penutup mesin Arduino: Sterofoam Astro warna ungu
- Lem Fox
- Kain Flannel Verditra (hijau, merah, merah muda, magenta, kuning neon, coklat)
- Kertas Origami
- Kertas Asturo warna hijau muda
-Kertas F4 warna biru muda
Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
      Timah ukuran 40x60
      Sensor cahaya
      Tombol push on











B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi protype rumah massa depan dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran sesuai kebutuhan. Alat kontrol ini akan secara otomatis akan berhenti dengan durasi waktu 10 menit untuk buka tutup pintu pagar. Sedangkan lampu serta alat otomatis yang lain dapat diataur waktu aktifnya dengan mengubah kontrol waktu program

Kelemahan Proyek
Lampu dapat mati mendadak

C. Flowcart Program
https://4.bp.blogspot.com/-3u9zNph7Om0/WWwh7gV1wtI/AAAAAAAAASU/KzNqu7kJjdAHnEZ-ir7E7ALS0QjGzf_EgCLcBGAs/s640/FLOWCART.jpg



D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
  a) Lampu
void setup () {                                       // seting semua pin arduino di bawah
      pinMode (lampu1,OUTPUT);        // pin 1 di setting sebagai OUTPUT
pinMode(lampu2,OUTPUT)              //pin 2 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu3,OUTPUT);        // pin 3 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu4,OUTPUT);        // pin 4 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (lampu5,OUTPUT);       // pin 5 di setting sebagai OUTPUT
     pinMode (lampu6,OUTPUT);        // pin 6 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu7,OUTPUT);        // pin 7 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampu8,OUTPUT);        // pin 8 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (lampu9,OUTPUT);       // pin 9 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (lampu9,OUTPUT);       // pin 9 di setting sebagai OUTPUT

b) musik
 void loop (){                                            
digitalWrite(1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(1,LOW);
delay(1000);
digitalWrite(2, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(2,LOW);
delay(1000);
dan seterusnya sampai 10
}

















BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
        Berdasarkan uraian BAB I sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Ruang Terbuka Hijau dapat menjadi model taman masa depan bagi semua orang, terutama pemerintah. Dengan bantuan mikrokontroler, kami menunjukkan bahwa lampu dapat menyala dan mati secara otomatis. Selain itu, mikrokontroler dapat menghasilkan irama yang dapat diputar secara terus menerus.
B. Kesan Saran
Kesan
Melalui ujian praktik yang diberikan oleh guru pembimbing, setiap anggota kelompok dapat belajar untuk mengeluarkan ide yang berhubungan dengan perkembangan bisnis dimana dapat dimanfaatkan sebagai inspirasi untuk rencana konkret bagi perkembangan wilayah masa depan. Setiap murid yang terlibat dalam proyek ini juga dapat belajar bagaimana mengolah ide abstrak menjadi bentuk nyata melalui pembuatan maket. Kemudian, para murid dapat mengetahui pentingnya Arduino dalam mengelola sistem pemograman sehingga maket menjadi hasil ide yang realistis dan dapat dilihat secara visual.

Saran
Sebaiknya ujian  pemograman dan pembuatan maket tetap diadakan supaya setiap murid kelas 12 dari angkatan satu ke angkatan lain menjadi generasi muda yang memiliki ide brilian untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

                                                                  










    

DAFTAR PUSTAKA
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/22042/Chapter%20II.pdf;jsessionid=A39036A79EE0A85D512C36D4D39DC454?sequence=4, diakses Jumat, 1 Desember 2017. 10:37.  

                       



Komentar

  1. Nilai 85, karena 1)tdk ada bagan kersngka brrpikit 2) kamu cek, kok dua kali upload shg tdk simatika dilanggar

    BalasHapus

Posting Komentar